Thursday 9 February 2012

Jenis-Jenis Ikan Cupang


haii guys..
tepatnya para penggemar ikan cupang ni.. Saya akan membagi informasi ni mengenai macam-macam atau jenis-jenis ikan cupang yang saya ketahui di dunia ini.
Macam-macam atau jeni-jenis ikan cupang yang sauya ketahui, biasanya harganya ada yang jutaan loh...
Wahh...mahal juga ya untuk ikan sekecil ini, tapi itu sepadan sobb.. karena untuk ikan yang semahal itu harus memiliki kriteria atau syarat-syarat tertentu ni, dari keindahan ekornya yang sempurna, sering mengikuti kontes dan pastinya sering menjuarai berbagai kontes ni. Berikut jeni-jenis ikan nya :

1. Comb Tail (Sisir,Serit Tunggal )


Comb tail atau cupang sisir merupakan sebutan untuk cupang yang memiliki sirip berbentuk sisir. Nah cupang ini pun biasa di sebut dengan julukan cupang serit. Cupang sisir mempunyai serit yang sangat kecil di ujung ray(sungut) sehingga terlihat bergerigi dan disebut juga dengan cupang serit tunggal.
Oleh International Betta Congress(IBC), comb tail disebut juga sebagai fringe finned betta. Hanya saja,IBC tidak memasukan comb tail yang digunakan untuk menyebutkan cupang berserit dua atau lebih. Cupang serit tunggal tetap di sebut comb tail meskipun siripnya panjang dengan tambahan nama extended di belakangnya. Cupang serit dikatakan crown tail jika memiliki dua tulang serit yang memanjang. 

2. Crown Tail ( Serit Ganda )








 Nah, kalau jenis ikan cupang yang ini asli indonesia lo sob. Bentuk sirip cupang ini sangat khas, yaitu tulang ekornya terlihat panjang dan kuat. Sekilas, sirip tipe ini terlihat seperti layar yang sobek. Awal kemunculan cupang serit terjadi pada tahun 1998 dan menjadi booming pada tahun 2000. Di awal kemunculannya, banyak pihak yang skeptis karena tipe cupang tersebut relatif baru dan hanya di anggap sebagai penyimpangan semata. Oleh sebab itu, cupang serit di jadikan sebagai “warga kelas dua”dalam dunia kontes cupang. Seiring berjalannya waktu,banyak peternak yang tergila-gila untuk memperbanyak cupang serit.Akhirnya,keberadaan cupang serit pun diakui oleh International Betta Congress (IBC).
Seekor cupang dikatakan masuk dalam jenis crown tail jika memiliki dua atau lebih tulang serit. . Tidak hanya berdasarkan jumlah tulang serit, perbedaan juga di tunjukan dengan adanya selaput di antara tulang serit. Oleh sebab itu,crown tail memiliki tipe balon dan tipe balok. Tipe balon di tunjukan dengan adanya selaput ekor yang menggelembung di antara tulang sirip yang menyerupai balon. Ada tidaknya selaput lebar yang menggelembung baru dapat di ketahui ketika cupang sudah dewasa.
Tipe balok di tandai dengan adanya selaput di anatara tulang sirip yang berpasangan. Sementara di antara tulang sirip yang tidak berpasangan tidak berselaput sehingga serit tampak lebar di ujung nya, menyerupai balok.
Dunia crown tail semakin marak dengan hadirnya cupang serit menyilang dengan julukan king crown tail. Berbeda dengan cupang serit lainnya, king crown tail memiliki pasangan tulang serit yang menyilang sehingga ujung tulang serit bertemu dengan ujung tulang pasangan serit lainnya.Dengan begitu, tak berlebihan jika cupang ini disebut rajanya cupang berekor mahkota.Namun,munculnya king crown tail baru di duga sebagai kelainan genetic semata.Hal tersebut terbukti dari hasil king crown tail yang diternakan tidak menghasilkan keturunan yang serupa.Oleh sebabkelangkannya tersebut, cupang ini banyak di jadikan maskot oleh peternak dan penggemar cupang.

3. Cupang Plakat
Ikan cupang plakat yaitu ikan cupang hias dengan bentuk ekor yang lebih pendek atau biasa disebut ikan ekor pendek. Cupang plakat in berasal dari Thailand yang pertama kali mengembangbiakannya. Kata Plakat merupakan bahasa Thai yang berarti cupang laga atau cupang aduan. ikan cupang ini memiliki keindahan yang teletak pada sirip, gigi yang tajam, keindahan & kerasnya sisik ikan maupun gaya bertarungnya.
ikan cupang plakat ini mempunyai beberapa nama loh sob.. mau tau ??? 
berikut beberapa nama cupang plakat sesuai dengan warna nya :

Ikan Cupang Plakat Lavender

Ikan Cupang Plakat Dragon
dan banyak lagi loh sob nama-nama ikan cupang plakat yang lain nya, nama ikan cupang plakat ini biasanya didasarkan oleh kesesuain warna ekor dan tubuh nya yang indah.

4. Ikan Cupang HalfMoon
Ikan Cupang Halfmoon merupakan cupang hasil silangan pternak di Amerika Serikat. Cupang yang di hasilkan ini memiliki sirip yang lebar dan bentuk sirip ekornya menyerupai setengah lingkaran,yaitu 180’. Selain bentuk siripnya yang indah, gerakan yang anggun dari halfmoon juga menjadi daya pikat tersendiri. Tau ngak sob, Ikan Cupang HalfMoon ini nilai jual nya relatif tinggi loh jika keindahan ekornya sempurna, dan HalfMoon ini biasanya hanya dijadikan ikan cupang hias bagi para penggemarnya sob, dikarnakan jika dijadikan ikan cupang aduan ekor-ekor nya yang indah akan jelek dan rusak sob dan tidak indah lagi deh..

5. Ikan Cupang Double Tail



Ikan Cupang ini di namakan double tail (cagak) kepada ikan yang memiliki sirip ekor sebanyak dua buah. Akibatnya, ikan ini seperti memiliki sirip ekor yang terbelah sehingga di sebut juga dengan istilah “fin split”. Setiap sirip ekor (belahan) memiliki ukuran yang sama lebar dan sama besar. Diduga, Ikan cupang cagak ini merupakan mutan dari halfmoon yang memiliki satu sirip ekor.
Selain memiliki sirip ekor yang terbelah, keistimewaan lain dari cupang ini yaitu memiliki pangkal sirip punggung dan sirip anal yang sama panjang. Cupang cagak yag baik tidak memiliki jarak atau spasi di antara ke tiga siripnya (sirip anal, sirip kaudal, dan sirip dorsal). Jika mengembang sempurna, keseluruhan sirip tersebut akan bembuat satu kesatuan berupa lingkaran utuh yang simetris.
pengembang cupang ini masih minim loh sob, dikarenakan masih susah untuk mencetak bibit yang baik dan sempurna, maka dari itu jarang sekali kontes ikan cupang untuk jenis ini.

6. Ikan Cupang Giant

Ikan cupang jenis ini sebenarnya merupakan kelompok cupang plakat yang memiliki panjang tubuhnya mampu menembus angka 12cm. Di beberapa kontespun, cupang giant telah di kelompokan dalam kelas tersendiri.
Awalnya giant betta ini dikembangkan sebagai cupang plakat untuk mendapatkan ukuran besar melalui persilangan dengan cupang alam berukuran 10-12 cm (dari ujung mulut hingg ujung ekor) atau dua kali lebih besar dari ukuran cupang plakat biasa.
Cupang plakat yang mempunyai ukuran raksasa ini mulai dikembangkan oleh peternak Thailand sejak tahun 2000-an awal. Disinyalir cupang plakat raksasa dihasilkan pula dengan cara pemberian hormon pertumbuhan pada pakannya. Harga cupang raksasa ini masih sangat tinggi loh sob.














1 comment: